Senin, 10 Oktober 2016

5 Jenis Tanaman Bunga Sakura Paling Cantik Di Dunia




Bunga Sakura, merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong dalam keluarga Rosaceae, genus Prunus, yaitu sejenis dengan beberapa tanaman seperti prem, persik dan apricot.

Tetapi untuk sakura pada umumnya digolongkan dalam subgenus sakura. Dalam bahasa Inggris bunga sakura disebut dengan cherry blossoms.

Nama Sakura sendiri berasal dari bahasa jepang, diambil dari kata “saku” yang berarti “mekar” yang kemudia diberi akhiran “ra” untuk menunjukkan bentuk jamak sehingga sakura dapat diartikan “bermekaran”.

Bunga sakura memiliki beragam warna tergantung dengan spesiesnya, ada sakura yang berwarna  perpaduan antara putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda dan merah tua.

Sedangkan bunga sakura jika berdasarkan susunan daun mahkotanya dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu;

-          Bunga sakura tunggal dengan daun mahkota selapis
-          Bunga sakura dengan daun mahkota berlapis, serta
-          Bunga sakura semi ganda

Pohon sakura hanya berbunga setahun sekali. Jika di pulau Honshu, kuncup bunga sakura berjenis someiyoshino akan mulai terlihat pada akhir musim dingin.

Kemudian bunganya akan mulai mekar pada akhir bulan maret sampai dengan awal bulan april pada saat cuaca mulai masuk musim semi.

Di Negara Jepang, proses mekarnya bunga sakura jenis someiyoshino dimulai dari daerah Okinawa pada bulan februari, kemudian dilanjutkan di pulau Honshu bagian barat, sampai Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar bulan maret akhir sampai di awal Bulan April.

 Kemudian bergerak sedikit demi sedikit ke utara dan akan berakhir di Hokkaido pada saat liburan Golden Week.

Dari sekian banyak jenis pohon sakura, sebagiannya merupakan hasil dari persilangan, seperti jenis someiyoshino yang tersebar di seluruh jepang sejak zaman kekaisaran Meiji adalah merupakan hasil persilangan pohon sakura di zaman edo akhir.

Bunga sakura jenis someiyoshino ini adalah yang paling luas daerah penyebarannya. Sehingga sebagian orang mengira bunga sakura hanya terdapat satu jenis seperti someiyoshino.

Padahal pada zaman dulu sebelum ada jenis someiyoshino, orang jepang mengenal bunga sakura yamazakura dan yaezaki no yang banyak mekar di daerah pegunungan.

Berikut ini beberapa jenis sakura;

Jenis Sakura Edohigan





Sakura edohigan adalah sakura yang biasa mekar pada saat hari ekuinoks musim semi. Dan bunga sakura jenis ini merupakan bunga sakura yang paling panjang umurnya dari jenis sakura yang lain.

Jenis – jenis seperti edohigan lainnya adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk jenis sakura yang dilindungi.

Sedangkan jenis miharutakizakura merupakan salah satu jenis edohigan yang mempunyai ranting menjuntai – juntai, dan jenis sakura yaebenisshidare adalah sakura yang dikenal karena memiliki daun bunganya banyak dan berwarna cerah.

Jenis Sakura Hikanzakura




Sakura jenis ini adalah sakura yang daerah penyebarannya mulai dari wilayah Tiongkok selatan sampai ke pulau Formosa. Sakura jenis ini juga banyak ditemukan tumbuh liar di daerah Okinawa Jepang.

Jenis sakura shidarezakura




Jenis sakura Fuyuzakura




Fuyuzakura atau sakura musim dingin merupakan jenis sakura yang memiliki bunga mekar setiap bulan November sampai dengan akhir desember. Onishimachi  merupakan tempat untuk melihat sakura mekar yang sangat terkenal yang terdapat di Prefektur Gunma.






Baca Juga:



banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: