Jumat, 21 Oktober 2016

10 Jenis Tanaman Langka Paling di Lindungi Di Dunia


Tanaman hias seperti bunga, memang menjadi tanaman primadona yang bagi sebagian orang wajib di tanam dipekarangan rumah atau di kebun mereka.

Namun tidak dengan 10 jenis tanaman langka berikut ini. Jika umumnya pekarangan rumah dihiasi dengan tanaman cantik seperti bunga mawar, anggrek, melati, tanaman philodendron.

Maka untuk 10 jenis tanaman langka ini bahkan tidak akan anda temukan di pekarangan rumah manapun di dunia.


Hal ini dikarenakan tanaman-tanaman terbut merupakan tanaman yang sangat langka bahkan mungkin sudah dikatakan punah.

Lantas apa sajakah jenis tanaman-tanaman langka tersebut? Berikut ini penjelasan singkat mengenai 10 tanaman paling langka di dunia.

1 Bunga Rafflesia Arnoldii

Raflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia sebetulnya adalah merupakan jenis tanaman bunga parasit. Tanaman ini ditemukan pertama kali dalam sebuah ekspedisi di hutan hujan Indonesia pada tahun 1818.

Dan yang menemukan bunga eksotik ini pertama kali adalah seorang pemandu asli Indonesia untuk Dr. Joseph Arnold, yang kemudian bunga tersebut diberi nama Thomas Stamford Raffles yang memimpin ekspedisi tersebut.

Bunga Rafflesia sendiri bisa memiliki diameter hingga lebih dari 100 cm. sehingga berhasil dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia.

Bunga ini tidak memiliki batang, tidak memiliki tangkai, tidak memiliki daun dan juga tidak memiliki akar.

Keunikan yang menjadikan bunga ini sangat terkenal selain dari ukurannya yang raksasa adalah karena ketika telah mekar bunga ini memiliki bau yang sangat busuk seperti bangkai.

Sehingga bunga ini juga terkadang di juluki sebagai bunga bangkai. Bau bangkai inilah sebenarnya yang berfungsi untuk membantu proses penyerbukannya.

Karena dengan baunya yang menyengat bunga ini akan mengundang lalat dan kumbang-kumbang yang akan membantu proses penyerbukannya.

Bunga ini akan mati setelah mekar selama kurang lebih selama satu minggu.

Bunga ini menjadi sangat langka bahkan terancam punah karena alih fungsi hutan sebagai habitat aslinya yang kini telah banyak diubah menjadi lahan-lahan perkebunan dan pemukiman.

2 Cypripedium Calceolu

Tanaman langka yang satu ini juga terkenal dengan sebutan Lady Slippers, sedangkan untuk jenis paling langka adalah dari jenis Lady Slippers Kuning dan Ungu.

Cypripedium-calceolu

Tanaman langka ini adalah sejenis anggrek liar yang sangat langka di Eropa. Karena begitu langkanya, satu-satunya contoh tanaman ini hanya dapat kita temukan di Inggris yang ditemukan di lapangan golf dan berada di bawah perlindungan polisi ketat sejak 1917.

Karena langkanya tersebut, setangkai bunga ini bisa dihargai hingga 5.000 USD. Biji tanaman ini tidak memiliki cadangan makanan untuk keperluan perkembangannya.

Karena tanaman ini hanya bisa hidup dan tumbuh dengan bantuan simbiosis dari jenis jamur tertentu.

3 Franklina Altamaha

Jenis tanaman ini sering juga disebut dengan pohon Franklina. Ini merupakan sejenis pohon semak yang dapat tumbuh sampai dengan ketinggian 33 kaki.

Franklina Altamaha

Tumbuhan yang termasuk dalam genus the ini memiliki bunga yang berwarna putih dengan semerbak aroma yang begitu harum, hampir menyerupai dengan bunga Camelia.

Habitat asli dari bunga ini berasal dari lembah sungai Altamaha, Georgia dan telah dinyatakan punah di alam liar sejak awal abad ke 19.

Namun hingga saat ini, pohon ini masih bisa ditemui berkat keluarga Bartram yang sempat mengembangbiakkan pohonnya serta menyebarkannya sebelum terjadi kepunahan di habitat aslinya.

Ketuka bunga tanaman ini mekar, maka warna daunnya yang berwarna merah akan berubah menjadi merah terang di musim gugur.

4 Kokai Cookei

Kokai Cookei


Tanaman langka Kokai Cookei merupakan pohon endemic yang berasal dari Hawaii. Pertama kali ditemukan pada tahun 1860.

Saat pertama kali ditemukan, saat itu hanya terdapat 3 spesimen saja. pohon ini sangat sulit untuk dikembangbiakkan.

Dan ketika pada tahun 1950 setelah bibit mati maka tanaman ini dianggap telah punah. 

Dan yang lebih mengenaskan lagi di tahun 1978 terjadi kebakaran yang telah menghancurkan satu-satunya pohon yang selamat yang ditemukan sebelumnya pada tahun 1970.

Namun masih beruntung, karena salah satu cabang dari pohon yang tersisa masih bisa diselamatkan serta berhasil dicangkokkan.

Dan pada saat ini terdapat sekitar 23 pohon yang masih hidup dan semuanya berasal dari Hawaii.

Tanaman ini memiliki pohon dengan ukuran tinggi 10-11 meter. Memiliki bunga yang berwarna merah menyala mirip seperti bunga sepatu.

5 Gibraltar Campion

Gibraltar Campion

Tanaman langka selanjutnya adalah Gibraltar Campion atau dengan nama latin Silente Tomentosa.
Ini merupakan spesies bunga langka yang hanya dapat ditemukan di tebing-tebing tinggi Gibraltar.

Tanaman cantik yang satu ini diyakini telah mengalami kepunahan dari habitat aslinya di Gibraltar pada tahun 1980-an.

Namun beberapa specimen tersisa masih dapat ditemukan, seperti pada tahun 1994 sebuah specimen tunggal berhasil ditemukan oleh seorang pendaki tebing yang lokasinya tidak dapat dijangkau.

Kemudian benihnya disebarkan di bank benih Milenium dan kini tumbuh di The Almeda Gibraltar Botanic Garden serta berhasil tumbuh juga di Royal Botanic Gardens di London.

6 Lotus Berthelotti

Lotus Berthelotti

Bunga ini sering disebut dengan bunga Paruh Kakaktua karena memang mirip dengan paruh burung kakaktua.

Digolongkan sebagai jenis bunga langka sejak tahun 1884 dan diyakini telah benar-benar punah di alam liar.

Tanaman ini merupakan tanaman endemic dari Kepulauan Canary. Penyerbukan tanaman ini dibantu oleh seekor burung Sunbird yang juga diketahuai telah lama punah dari kepulauan Canary.

Berbagai upaya percobaan penyerbukan telah diupayakan untuk mengatasi kelangkaan tanaman ini, namun sampai 2008 masih tidak membuahkan hasil.

7 Jade Vine

Jade Vine

Tanaman bunga cantik ini memiiki nama latin Strongylodon Macrobotrys. Bunga ini berhabitat asli yang berasal dari hutan hujan tropis Filipina.

Tanaman ini sebetulnya masih memiliki hubungan erat dengan kacang merah. Bunganya berbentuk seperti cakar yang tumbuh menggantung dari ranting-ranting pohonnya.

Tanaman ini bisa mencapai ketinggian 3 meter dengan warna yang khas dan sangat indah, yaitu perpaduan warna hijau kebiruan dan hijau mint.

Sayangnya tanaman bunga cantik ini sangat langka dan terancam punah karena sulitnya mengembangbiakkan dan juga kerusakan habitat aslinya.

8 Cosmos Atrosanguineus

Cosmos Atrosanguineus

Tanaman langka yang satu ini biasa disebut juga dengan bunga Kosmos Cokelat, karena memiliki warna merah gelap sampai cokelat.

Tanaman bunga cantik ini merupakan salah satu spesies bunga Cosmos yang berasal dari Meksiko.
Tanaman ini sempat dinyatakan punah di alam liar selama kurang lebih seratus tahun.

Spesies bunga ini dapat bertahan sebagai klon bunga tunggal infentil yang berhasil diciptakan pada tahun 1902 melalui proses pengembangbiakan vegetative.

Bunga yang dihasilkan adalah bunga dengan diameter 3-4 cm dengan aroma vanili.

9 Epipogium Aphyllum

Epipogium Aphyllum

Bunga ini sangat terkenal di Indonesia dengan sebutan Anggrek Hantu. Disebut demikian mungkin karena memiliki bentuk jumbai-jumpai seperti hantu.

Anggrek hantu merupakan jenis anggrek langka yang terdapat di wilayah barat daya Florida, Amerika Serikat, Cuba, dan Kepulauan Karibia.

10 Middlemist Camelia

Middlemist Camelia

Tanaman bunga yang satu ini memiliki pesona yang sangat cantik dengan warna merah peach. Bunga ini memiliki bentuk kelopak yang sangat rimbun dan terlihat mirip seperti bunga mawar.

Tanaman Middlemist Camelia merupakan tanaman berbunga paling langka di dunia karena hanya terdapat 2 sampel saja diseluruh dunia.

Salah satunya terletak di taman bunga rumah kaca di Inggris dan satunya lagi berada di Selandia Baru.


Demikianlah artikel mengenai 10 jenis tanaman langka di dunia. Semoga dengan membaca artikel ini kita bisa lebih tersadarkan akan pentingnya menjaga kelestarian alam yang didalamnya banyak dijumpai tanaman-tanaman cantik nan eksotik.

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: