Kamis, 20 Oktober 2016

Inilah Khasiat Tersembunyi Dibalik Kecantikan Bunga Jempiring

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Bunga Jempiring

Bunga Jempiring

Bunga Kaca Piring atau tanaman yang bernama latin Gardenia augusta merupakan tanaman perdu tahunan dari suku Rubiaceae.

Jenis tanaman hias yang menjadi mascot kota Denpasar, Bali ini juga sering disebut dengan nama Jempiring.


Selain itu tanaman ini juga dikenal dengan nama binomial sebagai Gardenia Jasminoides yang berarti “mirip melati” walaupun sebenarnya tanaman ini tidak mempunyai hubungan dengan marga Jasminum atau melati.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Bunga Jempiring adalah;

Kingdom/Kerajaan : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
Super divisi : Spermatophyta (Menghasilkan Biji)
Divisio : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
Classis : Magnoliopsida (Berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo : Rubiales
Familia : Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus : Gardenia
Species : Gardenia Augusta Merr


Artikel Terkait:



Deskripsi Tanaman Bunga Jempiring

Bunga jempiring berasal dari daratan china dan jepang. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di sembarang tempat, baik di daerah yang panas ataupun di daerah yang dingin.

Kacapiring


Meski demikian, tanaman cantik yang satu ini lebih cocok tumbuh di daerah pegunungan atau daerah yang tingginya lebih dari 400 meter diatas permukaan laut.

Di Negara China, bunga jempiring dimanfaatkan sebagai penambah rasa pada daun teh. Sedangkan buahnya dapat dimakan dan digunakan sebagai pewarna kuning alami pada makanan seperti halnya kunyit.

Perkembangbiakan tanamn ini dapat dilakukan dengan cara biji, pencangkokan maupun stek batang.

Sedangkan di Negara Jepang, buah kering kacapiring dijadikan sebagai bahan pewarna tekstil dan pewarna kue tradisional dan asinan lobak.

Selain itu, Bunga jempiring banyak diminati dan dimanfaatkan sebagai tanamn hias karena mimiliki aroma bunga yang harum.

Ciri-ciri tanaman Jempiring

Tanaman bunga jempiring merupakan perdu tegak dengan ketinggian mencapai 1-2 meter. Memiliki batang berkayu, bercabang dan ranting mudanya terlapis lilin dengan warna hijau kecokelatan.

Lebih lengkapnya tentang cirri tanaman bunga jempiring adalah sebagai berikut:

1 Batang

Batang Jempiring


Tanaman ini memiliki batang berkayu, bercabang, dengan ranting muda terlapis lilin serta berwarna hijau kecokelatan.

Tanaman ini tumbuh tegak dengan ketinggian 1-2 meter, bisa hidup hingga berumur tahunan.

2 Daun

tanaman kacapiring memiliki daun berlapis lilin. Letak daunnya berhadapan atau berkarang tiga, tebal dan licin seperti kulit.

Memiliki tangkai yang pendek berbentuk elips, ujung dan pangkalnya agak runcing, tepi rata, permukaan atas daun mengkilap.

Panjang daun jempiring sekitar 4,5-13 cm dengan lebar 2-5 cm serta berwarna hijau tua.

3 Bunga

Bunga Kacapiring

Jempiring memiliki bunga yang sangat indah mirip dengan bunga mawar putih, bertajuk-tajuk melingkar dan tersusun membentuk satu kesatuan yang anggun.

Bunga jempiring adalah bunga tunggal yang bertangkai pendek, berwarna putih, keluar dari ujung ranting serta mempunyai bau yang harum.

Oleh karena keharuman bunganya, bunga jempiring memiliki nilai komersil untuk dijadikan bahan pembuatan minyak wangi atau parfum.

4 Buah dan Biji

Buah Jempiring


Tanaman kaca piring memiliki buah yang berbentuk bulat telur, berkulit tipis, mengandung pigmen berwarna kuning serta memiliki banyak biji.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bunga Jempiring

Buah kacapiring mengandung minyak asiri, gardenin, gardenosit, geniposit, glikosid, sitosterol, mannitol, krosetin, klorogenin, tannin dan dekstrose.

Tumbuhan ini merupakan komoditas bunga potong yang biasanya digunakan dalam karangan bunga dan korsase.

Daun tanaman ini bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi sariawan dan akarnya bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.

Khasiat Bunga Jempiring

Sedangkan buahnya mengandung crocin yang berwarna kuning cerah seperti yang terdapat pada saffron. Buah yang kering dapat dimanfaatkan untuk bahan pewarna.

Buah tanaman ini memiliki rasa yang pahit, bersifat dingin, khasiat buah kacapiring adalah untuk meningkatkan fungsi hati dan mampu menenangkan emosi,

melancarkan aliran empedu ke usus, antiradang, antibiotic, pereda demam, peluruh dahak, peluruh kencing, penyejuk darah, penawar racun, penghenti pendarahan, serta menghancurkan bekuan darah.




Baca Juga:






banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: