Kamis, 23 Agustus 2018

Inilah 8 Manfaat Alami Tanaman Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita


Bagi para emak-emak (termasuk emak gue), tentu sudah sangat familiar sekali dengan jenis tanaman yang sering dijadikan bahan bumbu masakan yang satu ini. 

Ketumbar merupakan jenis rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga hampir di seluruh dunia. 

Aromanya yang khas ketika dimasak membuat banyak orang menyukainya. Bagian tanaman ini yang paling terkenal dan paling sering dimanfaatkan adalah bijinya.

Inilah 8 Manfaat Alami Tanaman Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Selain dijadikan sebagai bahan bumbu masakan, ketumbar ternyata juga memiliki banyak manfaat lain yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Karena didalam biji ketumbar terkandung minyak atsiri dan oleoresin yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan minyak wangi, aroma terapi, obat-obatan, bahan kecantikan dan tentunya sebagai bahan penyedap masakan.

Berikut ini akan kita ulas mengenai beberapa manfaat ketumbar bagi kesehatan:

1 Penambah Nafsu Makan

Jika diantara Anda dan keluarga Anda terutama biasanya anak-anak, memiliki keluhan kurang nafsu makan (sulit makan). 

Maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan meminum air rebusan biji ketumbar. Hal ini dikarenakan didalam biji ketumbar terdapat kandungan yang bisa meningkatkan nafsu makan Anda. 


2. Mengobati Penyakit Kulit

Biji ketumbar memiliki sifat antiseptik, antijamur dan juga anti oksidan, sehingga ketumbar dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah-masalah pada kulit seperti kulit kering, gatal-gatal, dan juga gangguan yang disebabkan oleh jamur. 

Jika Anda mendapati gangguan kulit yang disebabkan oleh bakteri maka anda dapat memanfaatkan air rebusan biji ketumbar untuk mengatasinya.


3 Mengendalikan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Beberapan kandungan asam yang terdapat didalam ketumbar ternyata sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. 

Selain itu mengkonsumsi herbal ketumbar juga bisa berdampak positif untuk mengendalikan tekanan darah pada mereka yang menderita hipertensi (darah tinggi).


4. Obat Cacingan

Air rebusan ketumbar ternyata juga mampu untuk dijadikan sebagai obat cacing. Oleh karena itu jika Anda atau anak Anda ingin terbebas dari penyakit cacingan maka Anda bisa memanfaatkan air rebusan biji ketumbar.


5 Memperlancar Sistem Pencernaan

Selain dari manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, ternayata kandungan yang terdapat didalam air rebusan biji ketumbar juga terbukti mampu untuk memperlancar sistem pencernaan. 

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa terganggunya sistem pencernaan akan berdampak terhadap munculnya berbagai gangguan kesehatan. 

Akan tetapi jika pencernaan kita lancar maka kita juga akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.


6 Pelancar ASI

Jika sebagai seorang ibu yang sedang menyusui Anda mendapati ASI tidak lancar, maka Anda dapat mengatasinya dengan meminum air rebusan biji ketumbar sehingga ASI Anda akan menjadi lancar kembali.


7 Mengobati Penyakit Cacar

Kandungan vitamin C dan zat besi yang terdapat didalam ketumbar ternyata dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat juga untuk membantu menyembuhkan penyakit cacar. 

Selain itu ketumbar juga dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit serta mampu memberikan efek menenangkan bagi para penderita penyakit cacar.


8 Mengatasi Bau Mulut dan Badan

Biji ketumbar selain memiliki manfaat-manfaat sepeti diatas, ia juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut dan badan. 

Jika Anda mengalami bau mulut dan badan maka  Anda dapat mengatasinya dengan cara meminum air rebusan biji ketumbar secara rutin. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi bau mulut dan badan.

Itulah 8 manfaat biji ketumbar untuk kesehatan tubuh kita. Sebetulnya masih banyak manfaat-manfaat lain dari tanaman ketumbar. 

Akan tetapi perlu kita pahami juga bahwa meskipun ketumbar memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, namun pada pemanfaatannya tersebut harus memperhatikan efek samping yang dapat ditimbulkannya. 

Diantara efek samping yang bisa dialami ketika mengkonsumsi ketumbar adalah seperti; mual dan muntah, sakit kepala, sakit perut, anoreksia (Gangguan pola makan), alergi. 

Meski demikian tidak semua yang mengkonsumsi ketumbar akan merasakan efek samping tersebut, mungkin saja Anda akan mengalami gejala efek samping yang lainnya. 

Oleh karena itu jika Anda khawatir terhadap efek samping tersebut sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli herbal ataupun dokter.

Semoga Bermanfaat...!!!
banner
Latest
Next Post

0 komentar: