Sabtu, 08 Oktober 2016

11 Jenis Ikan Air Tawar Terbesar dan Terpopuler di Indonesia


Ikan adalah jenis hewan vertebrata yang hidup di air yang tergolong kedalam hewan poikilotermik atau hewan berdarah dingin. 

Mereka pada umumnya bernafas dengan insang meskipun ada beberapa jenis dari mereka yang sebenarnya tergolong mamalia yang bernafas dengan paru-paru seperti ikan paus.

Ikan merupakan kelompok hewan vertebrata dengan jumah spesies paling beragam, yaitu sekitar 27.000 spesies yang tersebar diseluruh dunia.

Ikan, selain dengan keragaman spesies tersebut juga memiliki ukuran yang bermacam-macam pula, seperti paus yang bisa mencapai ukuran panjang hingga 14 meter hingga seekor stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm. 

Sampai sekarang, ikan masih menjadi salah satu sumber protein hewani penting yang banyak mengandung zat gizi penting bagi tubuh manusia. 

Sebagai akibatnya ialah terjadinya penurunan populasi terhadap beberapa jenis ikan yang ditangkap, baik untuk konsumsi maupun untuk koleksi.

Sebagai Negara maritime yang mempunyai wilayah perairan yang sangat luas, tentunya Indonesia menjadi Negara yang sangat kaya akan keanekaragaman jenis ikan baik ikan laut maupun ikan air tawar.

Bahkan Indonesia merupakan Negara dengan jumlah hasil tangkapan ikan terbanyak nomer 2 setelah Negara Norwegia. 

Berikut ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis ikan unik yang sudah terkenal luas di masyarakat Indonesia.

IKAN ARWANA TERBESAR


Setidaknya terdapat sekitar 9 jenis ikan arwana yang tersebar diberbagai belahan penjuru dunia. 

Namun sebagian jenis tersebut dapat ditemukan di Asia Tenggara terutama di Indonesia.

Jenis ikan ini mempunyai ciri tubuh yang pipih serta punggung yang datar, memiliki garis lateral (gurat sisi) yang terletak pada sisi kanan dan kiri tubuhnya, umumnya berwarna merah dan keperak-perakan.

Bentuk mulutnya mendongak keatas dengan sepasang sungut pada bibir bawahnya. Mempunyai mulut yang lebar dengan rahang yang kuat.

Untuk jenis arwana dewasa yang ada di Asia khususnya Indonesia umumnya mempunyai panjang antara 30 sampai 80 cm.

Ikan arwana mulai dipopulerkan pada dunia sekitar tahun 1845 oleh dua ilmuan Jerman yaitu Muller dan Schlegel.

IKAN BETOK TERBESAR


Betok; Anabas Testudineus atau dalam bahasa Inggris disebut Climbing Gouramy  adalah nama sejenis ikan yang banyak hidup liar di air tawar.

Jenis ini termasuk kedalam keompok pemangsa atau predator. Ikan ini umumnya yang pernah ditemukan berukuran kecil, panjang maksimalnya hanya mencapai 25 cm.

mereka mempunyai ciri bentuk kepala yang besar serta mempunyai sisik yang keras dan kaku. Mempunyai sirip berduri pada bagian punggung.

Berwarna kehitaman agak kecoklatan dan kehijauan serta bagian lateral dan bawah yang berwarna agak kekuningan. Jenis ikan ini tersebar dari India, Asia tenggara dan China.

IKAN TAPAH TERBESAR



Jenis ikan yang satu ini masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan ikan lele. Yang membedakan hanyalah dari segi ukurannya yang jauh berbeda.

Ikan tapah atau Wallago mempunyai ukuran yang cukup besar dengan panjangnya yang bisa mencapai lebih dari 1,5 m. 

ikan ini banyak hidup disungai-sungai pedalaman di pulau Sumatra, Kalimantan hingga papua. 

Nama tapah sendiri konon diambil dari nama sebuah kota di wilayah Perak, Malaysia tempat pertama kali ikan ini ditemukan.

IKAN MUJAIR TERBESAR

Ini adalah salah satu ikan terkenal di Indonesia karena sering dijadikan bahan santapan yang cukup enak. 


Ikan yang mempunyai nama imiah Oreochromis mossambicus ini merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena pertumbuhannya yang relative sangat cepat. 

Ikan mujair ini berukuran sedang, berbentuk  pipih dengan warna hitam keabu-abuan, kecoklatan dan kuning. 

Panjang maksimalnya sekitar 40 cm. habitat asli ikan ini adalah dari Afrika, dan ditemukan di Indonesia pertama kali oleh Pak Mujair disungai serang, Blitar  Jawa Timur pada tahun 1939. Sehingga kemudian ikan ini dinamakan mujair.

IKAN KOMET TERBESAR

Ikan cantik yang memiliki banyak penggemar di Indonesia ini adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Negara Sakura Jepang. 



Ikan dengan nama ilmiah Carassius auratus merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat mudah untuk dibudidayakan dimanapun juga karena sifat ikan ini yang sangat mudah untuk menyesuaikan diri. 

Ikan ini banyak diburu oleh para kolektor dan para pencinta ikan hias karena bentuk tubuhnya yang ramping serta warnanya yang sangat indah dan menarik. 

Ikan ini mampu tumbuh kembang dengan ukuran panjang maksimal mencapai 20 cm. Ikan ini mulai popular di Indonesia pada tahun 1970-an.

IKAN OSCAR TERBESAR



Ikan Oscar, salah satu ikan hias yang tidak pernah sepi peminatnya. Ikan yang mempunyai habitat asli dari Amerika Selatan ini sangat mirip bentuk tubuhnya dengan ikan gurame.

Namun ikan Oskar mempunyai kombinasi warna yang lebih menarik yaitu mempunyai warna dasar coklat tua atau coklat muda serta sedikit kuning bercampur merah tua. 

Dan terlihat semakin anggun dengan warna merah tua yang menutupi ekor sampai sepertiga bagian tubuhnya. Ikan ini mampu tumbuh hingga panjang maksimal mencapai 40 cm.

IKAN BAUNG TERBESAR

Ikan yang mempunyai nama ilmiah mystus nemurus merupakan jenis ikan air tawar yang cukup popular di Indonesia. 



Ikan ini mempunyai cirri fisik berupa kumisnya yang panjang. Tubuh ikan ini tidak mempunyai sisik namun mempunyai sirip dada dan sirip lemak yang besar. 

Mulutnya berbentuk melengkung dengan kombinasi warna kulit cokelat kehijauan. Tekstur daging ikan ini tebal dengan tanpa duri serta berwarna putih. 

Habitat ikan ini hampir tersebar merata di kawasan sungai-sungai di Asia terutama di Asia Tenggara dan India serta China. Panjang maksimal ikan ini bisa mencapai 80 cm.

IKAN LOHAN TERBESAR



Ikan lou Han atau Flowerhorn merupakan jenis ikan hias yang banyak peminatnya karena memiliki warna yang menyala serta ciri khas berupa sebuah tonjolan dikepalannya.

Umumnya bentuk ikan ini hampir mirip dengan ikan mujair. Terdapat benjolan dikepalanya dan benjolan kepala ikan pejantan lebih besar daripada betinanya. 

Ikan ini memiliki beragam warna serta identik dengan corak binti-bintik seperti mutiara di tubuhnya. 

Mempunyai sirip yang lebar dan bibir yang agak monyong tapi berkepala kecil. Ukuran maksimal ikan ini mencapai 40-50 cm. 

Habitat asli dari ikan ini adalah berasal dari Malaysia dan Taiwan dan ikan ini baru mulai popular pada tahun 1999.

IKAN BELIDA TERBESAR

Ikan belida, atau juga disebut ikan lopis (Notopterus chitala H.B) merupakan jenis ikan air tawar yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan. 



Hal ini dikarenakan akibat dari rusaknya ekosistem sungai sebagai tempat tinggalnya. Ciri ikan ini antara lain sirip analnya yang bersambung dengan sirip ekornya. 

Bentuk kepala dekat punggungnya cekung dan bentuk rahangnya memanjang. Ikan ini mampu tumbuh kembang dengan panjang maksimal mencapai lebih dari 50 cm.

ikan ini banyak ditemukan di Sumatra, Jawa, Kalimantan serta di Semenanjung Malaya.

IKAN BAWAL TERBESAR



Ikan yang sangat mirip dengan ikan piranha ini bernama latin Colossoma macropomum, adalah jenis ikan air laut, payau dan air asin. 

Sekarang ikan ini menjadi salah satu komoditas jual untuk konsumsi yang banyak peminatnya. 

Tubuh ikan ini berbentuk oval serta pipih tertutup oleh sisik-sisik kecil. 

Warna tubuh bagian atas ialah abu-abu gelap sementara tubuh bagian bawah berwarna putih serta dilengkapi dengan sirip berwarna merah. 

Ikan bawal memiliki bentuk kepala dan mulut kecil yang dilengkapi oleh rahang berisi gigi seri yang tajam. Ukuran maksimal ikan ini bisa mencapai 100 cm. 

Habitat asli ikan ini adalah dari Amerika Selatan dan mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1986.

IKAN KOKI TERBESAR

Ikan mas koki atau lebih terkenal dengan nama goldfish (carrasius auratus) adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat popular di dunia. 

Ciri-ciri ikan ini adalah bentuk tubuhnya yang pendek dan bulat, mempunyai mata yang lebar dan besar, memiliki gurat sisi serta sirip yang banyak. 

Bagian hidung terdapat tunas pembau dan mempunyai varian warna yang bermacam-macam. Ukuran terbesar dari jenis ikan ini mencapai panjang 48 cm. Ikan ini pertama kali ditemukan dihabitat aslinya yaitu didaerah China.

















banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: